Senin, 18 April 2011

Penggunaan Bahan Radioaktif

Penggunaan Bahan Radioaktif

Segala sesuatu yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari kita berisi beberapa bahan radioaktif, Sebagian alami dan beberapa buatan manusia: udara yang kita hirup, air yang kita minum, makanan yang kita makan, kita berjalan di atas tanah, dan lain-lain. Meskipun mereka mungkin terbiasa dengan penggunaan radiasi untuk mendiagnosa penyakit dan mengobati kanker, Banyak orang ketika mereka mendengar istilah "radioaktif" dan "radiasi" cenderung menganggap awan jamur dan mutan raksasa yang mendiami dunia fiksi ilmiah film dan buku komik.
Penggunaan bahan radioaktif dalam kehidupan sehari-hari diantaranya:

Detektor asap
Kebanyakan detektor asap perumahan mengandung-aktivitas amerisium rendah-241 sumber. Alpha partikel yang dipancarkan oleh amerisium yang mengionisasi udara, membuat udara konduktif. Setiap partikel asap yang masuk unit mengurangi arus dan menghidupkan alarm.

Jam dan Lonceng
Modern jam tangan dan jam kadang-kadang menggunakan sejumlah kecil (tritium) hidrogen-3 atau prometium-147 sebagai sumber cahaya. Lama (misalnya, pra-1970) jam tangan dan jam digunakan Radium-226 sebagai sumber cahaya. Jika Timepieces tua dibuka dan diprbaiki, radium bisa terhirup dan mungkin tertelan. Dengan demikian, haruslah berhati-hati saat menangani barang-barang ini.

Keramik
bahan keramik (misalnya,, tembikar ubin) sering mengandung peningkatan kadar uranium yang terjadi secara alami, thorium, dan atau kalium. Dalam banyak kasus, kegiatan terkonsentrasi pada glasir. Namun demikian, beberapa yang lebih tua (misalnya, pra-1960) ubin dan gerabah, terutama mereka yang memiliki warna oranye-merah glasir (misalnya, Fiesta ware) bisa sangat radioaktif.

Kaca
Glassware, gelas antik terutama dengan warna kuning atau kehijauan, dapat berisi terdeteksi dengan mudah jumlah uranium. kaca yang mengandung uranium seperti ini sering disebut sebagai burung kenari atau vaseline kaca. Bahkan kaca biasa dapat mengandung-cukup tinggi kalium-40 atau thorium-232 jika dideteksi dengan alat survei. lensa kamera yang lebih tua (1950-1970-an) sering menggunakan pelapis thorium-232 untuk mengubah indeks bias.



Pupuk
Komersial pupuk ini dirancang untuk memberikan berbagai tingkat fosfor kalium, dan nitrogen,. pupuk tersebut dapat terukur radioaktif karena dua alasan: kalium secara alami radioaktif, dan fosfor dapat diturunkan dari bijih fosfat yang berisi peningkatan kadar uranium.

Makanan
Makanan mengandung berbagai jenis dan jumlah bahan radioaktif alami. Meskipun jumlah relatif kecil makanan di rumah mengandung sedikit radioaktivitas juga untuk yang terakhir akan mudah terdeteksi, pengiriman sebagian besar makanan telah dikenal untuk menonaktifkan alarm monitor radiasi di perlintasan perbatasan. Satu pengecualian akan natrium garam pengganti-rendah yang sering mengandung cukup kalium-40 untuk menggandakan jumlah tingkat latar belakang detektor radiasi.

Gas Lantera Pijar
Meskipun kurang umum daripada dulu, beberapa merek lentera kaos lampu gas menggabungkan thorium-232. Bahkan itu adalah pemanasan thorium dengan gas pembakaran yang bertanggung jawab untuk emisi cahaya. pijar tersebut cukup radioaktif bahwa mereka sering digunakan sebagai sumber cek detektor radiasi.

Antique Klaim Radioaktif Kuratif
Di masa lalu, terutama 1920 melalui 1950, berbagai macam produk radioaktif yang dijual sebagai obat-alls, misalnya, radium yang mengandung pil, bantalan, solusi, dan perangkat yang dirancang untuk menambah Radon untuk air minum. Negara-negara umumnya memiliki wewenang pengaturan terhadap perangkat tersebut. Dalam beberapa kasus, negara bahkan mungkin mengharuskan perangkat ini akan didaftarkan atau diizinkan. Kebanyakan perangkat tersebut relatif tidak berbahaya, tetapi kadang-kadang satu dapat ditemui yang berisi berpotensi tingkat pencemaran radium. Jika ada pertanyaan tentang keamanan perangkat tersebut, masyarakat sangat didorong untuk menghubungi radiasi-kontrol program negara untuk nasihat.




Diagnosis, terapi, penelitian. Profesi medis sangat bergantung pada bidang radiasi langsung dan isotop radioaktif untuk mengidentifikasi dan mengobati penyakit. Selain itu, bahan radioaktif digunakan secara ekstensif untuk menguji obat baru, dan melakukan riset dalam pengobatan untuk penyakit.


Standar tinggi kami kesehatan dan kualitas hidup tidak akan mungkin tanpa menggunakan bahan radioaktif. Hari ini, bahan radioaktif digunakan di seluruh dunia untuk keperluan medis. Di Amerika Serikat saja, satu di tiga dari 30 juta orang Amerika yang dirawat inap didiagnosis atau diobati dengan teknik kedokteran nuklir. Radionuklida digunakan di lebih dari 11 juta prosedur kedokteran nuklir setiap tahun di Amerika Serikat. Mereka juga digunakan dalam 100 juta uji laboratorium pada cairan tubuh dan spesimen jaringan.

Zat radioaktif digunakan dalam pengobatan: radionuklida dan isotop radioaktif. radionuklida adalah semua jenis bahan radioaktif, termasuk elemen dan isotop unsur. Sebuah isotop dari suatu unsur adalah atom tertentu "versi" itu. Isotop adalah atom dari unsur yang sama dengan struktur atom yang berbeda. Mereka memiliki jumlah proton yang sama - membuat mereka elemen yang sama - tetapi jumlah neutron yang berbeda - membuat mereka isotop. Ada 81 isotop stabil dan lebih dari 800 tidak stabil, yaitu, radioaktif, isotop. Kebanyakan bahan radioaktif yang digunakan dalam kedokteran nuklir adalah isotop, karena penggunaan medis tertentu akan membutuhkan sifat tertentu yang diberikan's isotop radioaktif. Satu isotop radioaktif dikembangkan di Brookhaven National Laboratory di New York, molibdenum-99, digunakan sekitar 40.000 kali setiap hari di Amerika Serikat untuk mendiagnosa kanker dan penyakit lainnya.

Diagnostik Penggunaan Bahan Radioaktif
Pelacak: tulang scan, scan ginjal, dan lain-lain. isotop radioaktif dan molekul berlabel radioaktif digunakan sebagai pelacak untuk mengidentifikasi proses tubuh normal. Hal ini dimungkinkan karena beberapa elemen alami cenderung untuk berkonsentrasi di bagian-bagian tertentu dari tubuh: di tiroid yodium, fosfor dalam tulang, kalium dalam otot-otot. Ketika seorang pasien disuntik dengan elemen radioaktif, kamera khusus dapat mengambil gambar dari cara kerja internal organ.

Contoh prosedur medis tracer radioaktif.
• Peta imaging perfusi miokard aliran darah ke jantung, memungkinkan dokter untuk melihat apakah pasien menderita penyakit jantung dan menentukan jenis pengobatan yang paling efektif.
• Bone scan dapat mendeteksi penyebaran kanker enam sampai 18 bulan lebih cepat dari sinar-X.
• scan Ginjal jauh lebih sensitif dari X-ray atau USG pada penuh mengevaluasi fungsi ginjal.
• Imaging dengan 99m teknesium radioaktif-dapat membantu mendiagnosa infeksi tulang pada anak-anak pada tahap sedini mungkin.
• Laboratorium teknik menggunakan radioaktivitas dapat mendeteksi thyroids kurang aktif pada bayi baru lahir, membuat anak-anak banyak pengobatan yang tepat mungkin dan menyelamatkan dari keterbelakangan mental.

Penggunaan Bahan Radioaktif di Penelitian Medis dan Pengujian.
• Penelitian biomedis. bahan radioaktif juga penting untuk penelitian biomedis yang mencari penyebab dan obat untuk penyakit seperti AIDS, kanker dan penyakit Alzheimer.
• Farmasi obat pengujian. US Food and Drug Administration mengharuskan semua obat farmasi baru yang akan diuji untuk keamanan dan efektifitas. Lebih dari 80 persen dari obat tersebut diuji dengan bahan-bahan radioaktif. Salah satu tes utama adalah untuk menentukan apakah farmasi akan bagian-bagian lain dari tubuh dari target dimaksud dan apa efeknya terhadap wilayah non target. Dengan menambahkan tag radioaktif ke farmasi, peneliti dapat menentukan seluruh bagian tubuh dan konsentrasi yang terakumulasi di daerah non-sasaran. Dari sini mereka dapat menentukan apakah ada kemungkinan efek samping di bagian lain dari tubuh.
• Metabolik penelitian. Radionuklida digunakan secara luas dalam studi metabolisme dan rekayasa genetika.
• Reaksi kimia pencitraan. Foton terbaru tipografi emisi tunggal (SPET) atau positron emission tomography (PET) memungkinkan para ilmuwan untuk menonton gambar berwarna reaksi kimia dalam jaringan hidup dan, khususnya, untuk melacak molekul opioid - alami obat tipe morfin - yang menghilangkan rasa sakit dalam otak.
Manufaktur Bahan Radioaktif
Alam versus bahan radioaktif diproduksi. Beberapa unsur radioaktif, seperti radium, ditemukan di alam, tetapi sebagian besar bahan radioaktif yang diproduksi secara komersial dalam reaktor nuklir atau cyclotron - juga disebut akselerator partikel. Dengan reaktor nuklir dan cyclotron, adalah mungkin untuk membuat jumlah bahan radioaktif yang berguna secara aman dan dengan biaya rendah.

Bagaimana bahan radioaktif yang diproduksi. siklotron A menggunakan arus listrik untuk mempercepat partikel atom, yang menyerang "target" non-bahan radioaktif, mengubahnya menjadi isotop radioaktif - varian - struktur aslinya. Misalnya, ketika non-radioaktif "target" elemen kobalt dipukul oleh neutron dalam reaktor, hal itu berubah menjadi radioisotop - kobalt-60 - yang digunakan untuk mengobati kanker dan mensterilkan produk medis dan konsumen.



Perbedaan antara siklotron dan manufaktur reaktor. Biasanya hanya satu jenis radionuklida dapat diproduksi pada waktu di siklotron, sementara reaktor dapat menghasilkan radionuklida berbeda secara simultan.

bahan radioaktif aman dikemas dan dikirim ke pengguna. Setelah radionuklida yang dihasilkan, mereka dikemas dan aman dikirim ke pengguna di seluruh negeri, termasuk rumah sakit, laboratorium, universitas dan pabrik.

Mengatur pembuatan bahan radioaktif. Perusahaan yang memproduksi dan menjual bahan radioaktif dilisensikan dan diperiksa oleh Komisi Pengaturan Nuklir AS atau lembaga negara peraturan, dan - jika produk farmasi - oleh instansi lain, termasuk Food and Drug Administration.


Penggunaan bahan radioaktif yang lain antara lain:
1. Mendeteksi keretakan pipa logam bawah tanah
2. Alat pendeteksi asap (smoke detector) yg ada di gedung2
3. Terapi radiasi untuk penyakit2 tertentu misalnya kanker
4. Mendiagnosis suatu penyakit
- memeriksa fungsi ginjal
- mengukur kapasitas paru2
- menentukan tingkat hormon dan darah
5. Pengawetan makanan

1 komentar:

  1. mnta pnjelasan lbh lnjut donk....
    msal ny bgaimana proses ny gt,,,,

    BalasHapus