Kamis, 18 Oktober 2012

Cyanidin


Cyanidin adalah senyawa organik alami. Ini merupakan pigmen yang ditemukan dalam berry merah, termasuk pada anggur, bilberry, blackberry, blueberry, ceri, cranberry, elderberry, hawthorn, loganberry, acai berry, dan raspberry. Juga dapat ditemukan dalam buah-buahan lain seperti apel dan plum, dan kubis merah dan bawang merah. Ini memiliki warna kemerahan-oranye karakteristik, meskipun ini dapat berubah dengan pH, solusi senyawa merah pada pH <3, ungu pada pH 7-8, dan biru pada pH> 11. Konsentrasi tertinggi cyanidin yang ditemukan dalam biji dan kulit buah yang diberikan.
stuktur cyanidin

Cyanidin, seperti anthocyanidins lainnya, memiliki antioksidan dan radikal-scavenging efek yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Satu teori adalah bahwa asupan diet cyanidins dapat menghambat perkembangan obesitas dan diabetes serta memberikan efek anti-inflamasi.
Studi awal lainnya menunjukkan bahwa turunan glukosida dari cyanidin mungkin memiliki peran dalam terapi kanker, meskipun ini tetap tidak terbukti melampaui pengujian laboratorium.

Antirrhinin (cyanidin-3-rutinoside atau 3-C-R)
cyanidin 3-O, ditemukan dalam bawang merah
cyanidin 7-O, ditemukan dalam bawang merah
cyanidin 3,4 '-di-O-β-glucopyranoside, ditemukan dalam bawang merah
cyanidin 4'-O-glukosida β-, ditemukan dalam bawang merah
Chrysontemin (cyanidin-3-O-glukosida) ditemukan di pomace blackcurrant

1 komentar:

  1. bagaimana cara mensintesis senyawa cyanidin dari berbagai sumbernya, misalnya buah berry?
    apakah sama cara yang digunakan jika berasal dari sumber yang berbeda?

    BalasHapus